Tata Cara Aqiqah Untuk Nak Laki-Laki & Perempuan

Acara aqiqah merupakan bentuk pendekatan diri kita kepada Allah. Ini menjadi salah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas kelahiran seorang anak. Aqiqah juga dianggap sebagai sarana dalam membagikan rasa syukur yang didapat oleh orang tua dan keluarga bayi. Proses yang di lakukan dalam menyelenggarakan aqiqah adalah dengan memotong hewan kambing, mengolah dan membagikan kepada mereka yang membutuhkan. Waktu yang baik dalam menyelenggarakan ibadah aqiqah adalah hari ke 7, ke 14 dan ke 21 setelah kelahiran seorang anak. Dalam menyelenggarakan ibadah aqiqah sendiri, tentu saja kita bisa menyelenggarakan dengan mudah. Karena kita bisa menggunakan jasa aqiqah dalam menyelenggarakan aqiqah. Secara mudah kita bisa menyelenggarakan ibadah aqiqah dari mana saja dan kapan saja. Namun wajib juga untuk anda tahu bila anda memang memilih jasa yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya. Namun dalam menyelenggarakan ibadah aqiqah, ada beberapa hal yang sebaiknya anda persiapkan dengan baik. Hal ini memiliki tujuan agar ibadah aqiqah semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan. Namun anda juga perlu tahu terkait dengan tata cara dalam menyelenggarakan ibadah aqiqah. Mau tahu apa saja? Simak lebih jelasnya di bawah ini.

jasa aqiqah

Berikut Beberapa Tata Cara Dalam Menyelenggarakan Aqiqah

Supaya anda bisa menyelenggarakan aqiqah dengan baik serta sesuai harapan. Maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menyelenggarakan. Mau tahu apa saja yang harus anda perhatikan? Berikut lebih jelasnya

  1. Menyembelih kambing

Untuk proses penyembelihan kambing sendiri kita harus mempersiapkan peralatan yang terbaik. bahkan memilih kambing pun harus dalam keadaan yang sehat, tidak cacat dan juga memiliki usia yang tepat. Memilih kambing dengan kualitas yang baik dalam aqiqah merupakan hal yang wajib untuk kita.

  1. Memasak daging aqiqah

Setelah kita melakukan penyembelihan hewan kambing, langkah berikutnya adalah memasak daging aqiqah. Perlu diperhatikan jika daging tidak bisa kita bagikan dalam keadaan mentah. Nah untuk memasak daging kambing, yang perlu kita persiapkan pertama kali adalah menu yang di olah. Menu aqiqah sendiri beragam, namun yang banyak di pilih adalah kari kambing, sate & nasi kebuli. Namun jika anda ingin mengolahnya dengan menu lain tentu saja bisa dengan mudah.

  1. Membagikan

Tentu saja tidak semua daging aqiqah yang sudah di olah di bagikan kepada tetangga atau orang yang membutuhkan. Namun kita tetap harus membaginya 2 untuk keluarga dan untuk di bagikan. Jadi pisahkan menjadi 2 bagian untuk kebutuhan tersebut.

  1. Memberi nama seorang bayi & mencukur

Langkah berikutnya adalah memberi nama kepada seorang anak. Saat memberi nama tersebut kita juga akan mencukur rambut seorang anak. Beri nama seorang anak dengan arti yang baik agar mencerminkan akhlak dan iman nantinya. Untuk mencukur rambut sendiri juga sunah, namun perlu anda tahu tujuannya adalah menghilangkan penyakit pada anak. Jadi akan lebih baik jika dilaksanakan.

  1. Memberi doa aqiqah

Membacakan doa aqiqah untuk bayi menjadi hal yang di lakukan dalam aqiqah. Tentu saja dalam memberi nama haruslah dengan tata cara dalam aqiqah. Biasanya doa aqiqah dibacakan oleh ustadz pada saat acara aqiqah.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aqiqah. Semakin kita tepat dalam menyelenggarakan maka ganjaran yang kita dapatkan tentu saja akan sangat banyak.